Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPP BLUTO GELAR SOSIALISASI PENEBUSAN DAN PENYALURAN PUPUK BERSUBSIDI TAHUN 2024 TERHADAP POKTAN SE KECAMATAN BLUTO


Sumenep, Kim Darma Bhakti. Bertempat di gudang toko UD Sinar Indah Desa Aengbaja Raja Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur telah dilaksanakan sosialisasi penebusan dan penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2024 oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bluto bersama para Kios, dan Kelompok Tani se Kecamatan Bluto. Selasa (23/4/24)

Di Kecamatan Bluto sendiri ada 8 kios pupuk yang mengakomodir berapa kelompok tani untuk penebusan pupuk tersebut.

Supriyadi Ketua gabungan kelompok tani se Kecamatan Bluto dalam sambutannya mengatakan jika teknis penebusan dan penyaluran pupuk bersubsidi di tahun 2024 ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, berikut ini penjelasan dari Ketua Gapoktan Kecamatan tersebut.

"Ada dua cara untuk melakukan penebusan pupuk dan jika hal ini sudah terpenuhi maka kios atau distributor pupuk bisa menyalurkan, cara yang pertama penebusan pupuk di tahun 2024 ini menggunakan aplikasi i-Pubers yang diambil melalui elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), dimana pada cara yang pertama ini anggota kelompok tani datang ke kios dengan membawa KTP dan nantinya para kios akan memprosesnya", ujar Kang Sup sapaan akrabnya.

"Sedangkan cara yang kedua menggunakan surat kuasa bermaterai yang di sahkan oleh Kepala Desa yang kemudian di verval oleh petugas verval dari BPP Kecamatan Bluto, pada surat kuasa ini dibutuhkan data anggota kelompok tani seperti foto copy KTP yang nantinya ada format-format khusus yang harus diisi", imbuhnya.

Selanjutnya Melly Farida Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) mewakili Korluh BPP Isromi Kurniawan mengatakan jika rencananya untuk kedepannya akan ada penambahan kuota pupuk bersubsidi.

"Rencananya kedepan akan ada penambahan pupuk bersubsidi dengan persyaratan - persyaratan yang harus disepakati antara kelompok tani dengan para kios di Kecamatan Bluto ini", ujarnya.

Untuk diinformasikan jika i-Pubers adalah singkatan dari Integrasi Pupuk Bersubsidi, ini adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk membantu merekap penyaluran pupuk bersubsidi yang berbasiskan data nomor induk kependudukan (NIK).


(Kim Darma Bhakti)

Posting Komentar untuk "BPP BLUTO GELAR SOSIALISASI PENEBUSAN DAN PENYALURAN PUPUK BERSUBSIDI TAHUN 2024 TERHADAP POKTAN SE KECAMATAN BLUTO"