Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ADA JOKO TARUB DI PAMEKASAN MADURA


Sumenep, Kim Darma Bhakti. Ahad (9/1/22), Terletak di Dusun Pacanan Desa Montok Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur, terdapat sebuah destinasi wisata, berupa wisata religi Joko Tarub.

Dalam sebuah legenda di sebutkan jika kisah Ki Ageng Joko Tarub (Joko Tarub) adalah seorang sakti mandraguna yang berhasil menikahi perempuan yang konon disebut bidadari.

Saat pegiat KIM Darma Bhakti melakukan kunjungan wisata religi ke asta Joko Tarub di Desa Montok Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, pegiat KIM Darma Bhakti memperoleh informasi dari Ibu Qamariyah yang mengaku keturunan ke 11 dari Ki Ageng Joko Tarub.

"Asta Joko Tarub yang ada di Dusun Pacanan, Desa Montok Kecamatan Larangan ini, berada di akses jalan yang mudah di lalui, dan Asta ini berada di lahan yang luas dan rindang karena di naungi pohon bambu, konon pohon bambu ini ceritanya adalah dari tusuk sate yang terbuat dari bilah bambu (perreng sojjin), yang pada saat itu Ki Ageng Joko Tarub mengadakan silaturahim dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan salah satu hidangannya adalah daging sate, kemudian tusuk sate tersebut di tancapkan ke tanah dan dengan karomah serta izin Allah akhirnya tusuk sate tersebut berubah menjadi pohon bambu yang sekarang menaungi Asta Ki Ageng Joko Tarub", ujarnya.

Ibu Qamariyah juga menjelaskan jika air sungai yang dijadikan pemandian bidadari itu sekarang masih ada dan mengelilingi sekitaran Asta tersebut.

"Air sungai pemandian bidadari itu sekarang masih ada dan mengelilingi Asta Ki Ageng Joko Tarub", tambahnya.

Di areal Asta Ki Ageng Joko Tarub ini terdapat pula makam keluarganya seperti Syekh Maulana Maghribi, Nawang Wulan, Nawang Sih, Nawang Sari, Nawang Arum, Aria Bondankejawan, Kyai Poleng dan Nyai Poleng beserta makam lainnya.

Dalam sejarahnya, Joko Tarub adalah sosok ulama yang melegenda di Indonesia, dan merupakan leluhur dari Raja-raja Mataram.

Sedangkan Asta atau Pesarean dari Ki Ageng Joko Tarub dari berbagai referensi ada di berbagai tempat, seperti di Grobogan Jawa Tengah, Kebumen Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya, lalu dimanakah yang benar Asta dari Ki Ageng Joko Tarub?... Tentulah semuanya berpulang pada keyakinan anda semua, sebab semua itu bisa terjadi.



(Kim Darma Bhakti)

Posting Komentar untuk "ADA JOKO TARUB DI PAMEKASAN MADURA"