Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ROKAT PANDHABA, RITUAL MISTIK PEMBEBAS KESIALAN


SUMENEP.KIM DARMA BHAKTI.
Rokat Pandhaba (Ruwat Pandawa) adalah upacara pembebasan seorang anak pandhaba dari nasib buruk yang akan menimpanya, serta menjauhkan dari segala bentuk marabahaya yang dapat mengganggu perjalanan hidupnya di dunia. Tradisi Rokat Pandhaba merupakan tradisi yang sudah dilestarikan secara turun-temurun oleh masyarakat di Desa Aengdake Kecamatan Bluto pada khususnya dan Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur pada umumnya. 

Karena dalam perakteknya manusia hidup bermasyarakat diatur oleh suatu aturan, norma, pandangan, tradisi atau kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mengikatnya, sekaligus merupakan cita - cita yang diharapkan untuk memperoleh maksud dan tujuan selama hidup di dunia dan akhirat.

Ciri-ciri keturunan yang dikategorikan sebagai keturunan Pandhaba dan harus diruwat antara lain adalah: pertama, Pandhaba Macan (anak laki-laki atau perempuan tunggal). Keturunan kedua, Pandhaba Ontang-Anteng (tiga bersaudara). Keturunan ketiga, Pandhaba Panganten, (dua bersaudara satu anak laki-laki satu perempuan). Keturunan keempat, Pandhaba Lema’ (lima bersaudara dengan jenis kelamin sama laki-laki atau perempuan)

Sedangkan tata cara dari Rokat Pandhaba adalah dengan memandikan orang yang akan di ruwat dengan mandi kembang yang pada awalnya di pimpin oleh seorang pemuka agama selanjutnya dari keluarga besar orang tersebut secara bergiliran memandikannya, adapun bahan - bahan yang harus di sediakan pada acara Rokat Pandhaba adalah kue serabi, bambu sebagai tongkat, penutup kepala dari daun lontar (siwalan), air, kembang 7 atau 9 rupa, kain warna putih, ayam pilihan yang masih hidup (ayam hanya sebagai penyerta), dan uang atau barang lainnya.


Sumber berita dikutip dari Abstraksi Thesis saudara Zainuddin Mahasiswa Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga yang berjudul "Tradisi Rokat Pandhaba di Desa Belluk Raja Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep", laman situs http://digilib.uin-suka.ac.id./id/eprint/21138


             (Adi/Kim Darma Bhakti)

Posting Komentar untuk "ROKAT PANDHABA, RITUAL MISTIK PEMBEBAS KESIALAN"